Ini 10 Rutinitas Perawatan Kulit Remaja, Cocok untuk Pemula

Seiring perkembangan zaman, pengetahuan wanita tentang cara merawat kulit dengan perawatan kulit pun semakin meningkat. Apalagi para remaja putri atau remaja sudah sadar menjalani hari-harinya tanpa lupa untuk melakukan rutinitas perawatan kulit. Rutinitas perawatan kulit adalah tingkatan menggunakan perawatan kulit, mulai dari membersihkan wajah hingga menggunakan SPF di siang hari atau serum di malam hari.

Perawatan kulit yang tepat adalah hal yang harus dicoba saat remaja. Kulit remaja perlu dirawat agar tetap fit dan lembab. Hanya saja rutinitas skincare remaja berbeda dengan rutinitas skincare untuk orang dewasa. Kulit remaja tidak membutuhkan produk perawatan kulit yang berat. Yang terpenting adalah pelembab ringan yang bisa mengontrol kulit dari kekeringan dan dehidrasi.

Sebelum mengadakan rutinitas perawatan kulit, sebaiknya kenali dulu skincare yang cocok untuk jenis kulit wajah Anda. Berikut skincare yang cocok untuk kulit Anda yang dirangkum oleh Kami:

1. Skincare Rutin Kulit Normal

Bagi Anda yang memiliki kulit normal, untungnya kulit Anda mampu mereformasi dirinya sendiri yang mana bisa membuatnya terasa kenyal dan halus. Untuk perawatan skincare caranya sederhana, cukup bersihkan wajah dengan facial wash dan gunakan pelembab, mirip pelindung matahari.

2. Rutin Perawatan Kulit Kulit Kering

Jenis kulit ini terlihat kasar, kusam dan muncul garis-garis halus di beberapa area wajah. Perawatan kulit yang Anda butuhkan adalah pelembab dan toner yang menghidrasi.

Untuk moisturizer, kamu bisa menggunakan moisturizer dengan tekstur cream atau balm.

Jangan lupa, hindari mengonsumsi produk perawatan kulit yang memiliki kandungan alkohol karena akan membuat kulit Anda semakin kering.

3. Rutinitas Perawatan Kulit Berminyak

Bentuk wajah dengan kulit berminyak memang mudah dikenali, termasuk adanya jerawat nakal pada kulit yang rata.

Perawatan kulit yang cocok untuk jenis kulit ini adalah perawatan kulit yang mengandung bahan ‘pohon teh’ karena mampu mengurangi minyak berlebih di wajah dan mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, pelembap juga harus Anda konsumsi, tetapi yang memiliki kandungan air dan tekstur yang tidak berat.

Untuk pencegahan, ada baiknya hindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak.

4. Rutin Perawatan Kulit untuk Kulit Sensitif

Jenis kulit ini sangat mudah menghadapi masalah-masalah yang sering terjadi, seperti iritasi, gatal-gatal, panas hingga terbakar. Oleh karena itu, menentukan perawatan kulit untuk kulit wajah lebih sulit karena cenderung lebih cermat dalam menentukan produk.

Produk perawatan kulit yang cocok untuk jenis kulit ini antara lain kandungan lidah buaya dan kamomil untuk menghentikan iritasi dan lembut pada kulit sensitif. Hindari juga menggunakan produk yang mengandung alkohol.

Perawatan Kulit Remaja 2

Setelah mengetahui jenis kulit Anda, kini Anda dapat melangkah ke tingkat rutinitas perawatan kulit Anda. Berikut adalah skincare rutin untuk remaja yang cocok untuk pemula:

Rutinitas Morning Skincare

1. Cleansing Gel

Kulit remaja berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit remaja bisa terkelupas sendiri dengan cara alami. Karenanya, Anda tidak harus menggunakan pembersih wajah yang terlalu berat, seperti yang mengandung scrub. Produk-produk ini sebenarnya bisa mengeringkan kulit Anda dan menghasilkan lebih banyak minyak. Carilah pembersih wajah yang lembut yang dapat menghilangkan minyak di wajah Anda tanpa membuatnya stres.

2. Pelembap

Riasan rutinitas skincare Anda setelah pakai sabun muka adalah dengan mengoleskan moisturizer. Melembapkan artinya cukup untuk menjaga kulit wajah tetap terhidrasi dan kering. Carilah pelembab yang ringan, tidak membuat wajah lebih berminyak dan cukup dibaurkan. Pilih juga moisturizer yang diformulasikan untuk kulit sensitif karena biasanya moisturizer tersebut ingin lebih lembut dan menyejukkan.

3. Obat Jerawat Transparan Bercak

Sebagai pelindung jerawat yang muncul di kulit, Anda bisa memilih gel acne spot atau obat flek jerawat yang tidak berbekas dan dapat digunakan selama hari ini. Untuk itu, Anda bisa menggunakan produk yang memiliki kandungan Salicylic Acid yang dapat membasmi kemerahan dan peradangan. Yang terpenting adalah Anda tidak sempat menekan jerawat karena akan memperburuknya.

Perawatan Kulit Remaja b erl.com 02

Rutinitas Perawatan Kulit Malam Hari

1. Micellar Water

Setelah seharian beraktivitas, wajah Anda pasti akan terasa kotor, terutama saat Anda melakukan aktivitas di luar ruangan atau setelah pulang dari acara yang menggunakan riasan. Untuk membasmi kotoran, debu, dan polusi diperlukan teknik double cleansing dengan menggunakan micellar water yang dilanjutkan dengan sabun cuci muka.

Sabun pencuci wajah dibutuhkan untuk menentukan apakah kulit wajah sudah bersih dari kotoran dan siap untuk digunakan pada rangkaian perawatan kulit selanjutnya. Untuk mengembalikan wajah Anda, Anda bisa menggunakan sabun wajah berupa krim atau gel. Teknik pembersihan ganda ini bertujuan agar kulit wajah terasa lebih lembut dan segar.

2. Serum

Untuk rutinitas perawatan kulit remaja, serum yang cocok adalah serum yang mengandung niacinamide. Beban ini cukup nyaman untuk kulit remaja karena ditujukan untuk kulit sensitif. Kandungan serum ini dapat menyamakan produksi minyak, membantu memudarkan noda dan pigmentasi, serta memperkuat pertahanan kulit dari bakteri penyebab jerawat.

3. Moisturizer

Menjaga kelembapan kulit adalah hal yang terpenting. Kulit yang lembab menandakan kulit yang bugar sehingga lebih cepat sembuh sendiri. Carilah pelembab berbahan dasar air yang cocok untuk semua jenis kulit dan bisa melembapkan tanpa membuatnya berminyak. Oleskan pelembab ini tipis-tipis pada wajah pada malam hari.

Melakukan semua level rutinitas perawatan kulit secara konsisten bisa membuat wajah lebih segar dan bercahaya. Pastikan Anda mengalami setiap level rutinitas perawatan kulit itu setiap hari.